ads

Tips Melepas Jok dan Karpet Dasar Mobil

Tips Melepas Jok dan Karpet Dasar Mobil

Agar mendapat hasil maksimal membersihkan interior, pelepasan jok dan karpet dasar perlu ditempuh. Tapi pengerjaannya harus tepat agar sistem kelistrikan tidak malfungsi.

Terkadang penampilan luar bisa menipu. Secara kasat mata mobil terlihat bersih, tapi setelah melihat lebih dalam banyak ditemui serangga. Bukan tak mungkin, di balik karpet atau panel pintu, bersemayam sarang serangga hingga kotoran yang menumpuk.


Membersihkan interior pun perlu menyeluruh. Hingga melepas jok, panel dan karpet dasar agar pembersihan interior maksimal. Tujuannya jelas, membasmi sarang serangga yang mengganggu dan kotoran yang menumpuk yang tidak terjangkau oleh vacuum cleaner. Termasuk pembersihan tumpahan minuman atau lainnya yang menimbulkan noda pada karpet dasar yang menyebabkan bau tidak sedap.
Pengerjaan lepas jok dan karpet dasar mobil ini memang harus dilakukan tenaga profesional atau penyedia jasa layanan car care yang berpengalaman. Karena pengerjaan tersebut harus teliti dan rawan mengganggu kabel kelistrikan.
Salah sedikit, kelistrikan pada mobil Anda akan mengalami malfungsi. “Yang paling rawan adalah kabel kelistrikan yang terhubung ke audio. Posisi kabel tersebut melintas di sisi kiri dan kanan di bawah karpet dasar mobil,”
Perlu diperhatikan juga, bila mobil Anda sudah terpasang power amplifier tambahan. Karena jika kabel menuju power amplifier dilepas dari kabel kelistrikan bisa terjadi kesalahan salah pemasangan kembali.
Jadi pembersihan dengan cara melepas jok dan karpet dasar ini disarankan tidak dilakukan terburu-buru oleh jasa car care dan Anda perlu memperhatikan saat pelepasan trim, panel dan karpet dasar yang dilakukan.
Terlebih jika kabel audio sudah getas. Bisa-bisa Anda justru menemui masalah baru yaitu audio mobil tidak bisa diaktifkan.
Untuk mobil premium biasanya sudah menggunakan jok pengatur elektrik, posisi kelistrikan pada komponen tersebut persis di bawah jok. Sering terjadi dalam melepas jok tidak meperhatikan sistem kelistrikan fitur pengatur elektrik itu. Artinya asal mengangkat dan memindahkan jok yang dapat memutuskan kabel fitur tersebut.

Cara yang benar adalah dengan melepas lebih dulu soket fitur itu sebelum mengangkat jok mobil. “Jadi pengerjaan melepas jok dan karpet dasar sebaiknya dilakukan berurutan. Dimulai dari lepas­kan karpet lantai yang di permukaan. Lalu pelepasan jok dari belakang sampai ke depan menggunakan kunci pas,” tambah Johan.
Setelah itu, lepaskan konsol transmisi dan trim yang berada di atas karpet dasar. Lalu melepas karpet dasar secara perlahan dan teliti. Jika sudah terlepas semua, baru kabin mobil bisa dibersihkan dengan maksimal. Nah, dalam pemasangan juga harus secara teliti dan seperti saat melepas jok dan karpet dasar.