ads

Cara Meningkatkan Penghematan Bahan Bakar pada Mobil


Karena harga bbm yang naik terus, maka penghematan bbm adalah jalan terbaik untuk menekan pengeluaran anda. Inilah beberapa cara untuk mengurangi pengeluaran untuk membeli bbm dengan melakukan penghematan.
Pompa ban mobil dengan benar. Banyang dipompa dengan dengan benar akan mengurangi pemakaian bensin sampai 3%. Ban mobil anda kehilangan tekanan 1 PSI per bulan, dan ketika ban dingin (misalnya saat musim dingin), tekanan juga akan berkurang karena suhu lingkungan. Dianjurkan untuk memeriksa tekanan ban sebulan sekali, lebih baik lagi tiap minggu. Dengan ban yang dipompa dengan benar juga akan mengurangi resiko ausnya ban.
  • Beberapa pom bensin memeiliki kompresor angin otomatis yang bisa berhenti saat mencapai tekanan yang diminta. (untuk keamanan, periksa juga tekanan ban anda dengan alat ukur anda sendiri, terutama jika alat lain menyarankan penambahan yang signifikan)
  • Beberapa jenis tutup pentil mengijinkan anda untuk mengisi angin tanpa melepaskan tutupnya. Namun periksa juga bahwa mereka bisa saja macet karena kotoran atau kebocoran.
  • Pengisian tekanan angin yang direkomendasikan adalah untuk ban yang dingin. Tambahkan sekitar 3 PSI jika mobil anda telah dikendarai beberapa waktu. Pompa sampai sesuai pada rekomendasi pabrik, bukan tekanan maksimum yang tercantum pada dinding ban. (pengalaman penulis dengan mobil dan truk, jangan pompa melebihi rekomendasi pabrik kecuali anda memiliki ban cadangan. Tekanan berlebih akan menyebabkan meletus dan kurang tekanan akan menyebabkan ban cepat gundul dan boros bbm)
  • 2
    Tune up mesin. Mesin yang di tune up akan memaksimalkan tenaga dan meningkatkan penghematan bahan bakar. Tapi waspadalah, mekanik kadang-kadang mengesampingkan penghematan bahan bakar saat men tune up demi tenaga yang besar. .
  • 3
    Periksa kondisi filter udara. Filter yang kotor akan memboroskan bensin dan menyebabkan mesin mati saat idle. Berkendara di jalan yang berdebu akan membuat filter kotor dan tersumbat, hindari gumpalan debu.
  • 4
    Ganti filter udara sesuai petunjuk pabrik. Ini akan meningkatkan penghematan bbm.
  • 5
    Kurangi beban anda. Cari mobil yang paling ringan yang dapat memenuhi kebutuhan anda. Beban adalah penyebab utama hilangnya energi kinetik pada mobil non hybrid. Lepaskan beban tambahan pada mobil, jika perlu, copot jok mobil yang tidak pernah digunakan. Jika anda memanfaatkan bagasi anda untuk menyimpan benda berat, cari tampat lain. Tambahan 100 pon beban akan meningkatkan pemakain bbm 1-2% (Bobot adalah sangat penting pada saat jalan macet, Tidak terlalu berpengaruh saat jalan lancar). Jangan lepaskan barang yang anda sering gunakan, karena perjalanan yang terbuang untuk mengambil barang itu saat ketinggalan akan lebih memboroskan bbm.
  • 6
    Cari ban sesempit mungkin yang masih bisa menangani kebutuhan anda. Roda yang sempit akan lebih aerodinamis dan juga traksi yang lebih kecil (mobil balap membutuhkan ban lebar). Jangan gunakan ban yang tidak sesuai dengan velg, dan jangan gunakan ukuran ban lebih kecil dari yang dianjurkan pabrik.
  • 7
    Pilih ban dengan kompon yang memiliki hambatan gelinding kecil. Ini akan meningkatkan penghematan beberapa persen
  • 8
    Pada mobil bermensin injeksi, pastikan sensor oksigen, sistem emisi mobil dan pembuangan dalam kondisi baik. Kadang lampu engine check menyala, menunjukkan kurang baiknya sistem tersebut. Sensor oksigen yang rusak akan meningkatkan pemakaian bahan bakar sekitar 20% atau lebih.